×

Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu


Semakin majunya zaman, maju pula sebuah teknologi, misalnya saja di dunia smartphone. Kini banyak sekali smartphone atau yang sering kita sebut ponsel android yang sudah berkeliaran dimana-mana, hampir seluruh anak muda jaman sekarang sudah menggunakan ponsel android. Hal tersebut dikarenakan mudahnya akses untuk cari informasi, gaming, fitur yang disediakan pada ponsel android begitu menggoda.

Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu

Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu

Dengan semaraknya kehadiran ponsel android kini banyak ponsel android yang palsu atau KW. Ponsel android yang palsu tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat murah dan sudah memiliki fitur sangat bagus dan persis seperti halnya ponsel android yang aslinya. Nah sobat perlu berhati-hati dalam membeli smartphone.

Ada beberapa tips atau cara untuk mengecak dan mengetahui apakah ponsel android ituasli atau palsu. Berikut Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu:

Cara Pertama : Lihat Wujud Ponsel

Silahkan sobat lihat dengan saksama pada saat membali ponsel Android, biasanya berat antara ponsel Android yang asali sama yang palsu berbeda. 

Cara Kedua : Melakukan Tes IMEI

Cara kedua ini kita harus melakukan tes IMEI pada ponsel Android, caranya:

1. Buka menu dial (panggilan)

2. Ketikan *#06# 

Maka akan muncul sederetan angka yang merupakan nomor imei ponsel kalian. (Ponsel dual SIM memiliki 2 imei). Selain itu mengecek IMEI bisa dengan melihat nomor imei yang ada di belakang body ponsel (Buka dulu penutup baterai dan baterainya) serta bisa dilihat di dusbook pembelian)

3. Setelah mengetahui nomor IMEI, masuklah ke link berikut
http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr

4. Ketikan nomor IMEI, lalu akan muncul detail dari ponsel anda. 

Ponsel Android anda sudah pasti bukan replika apabila telah melakukan semua tes diatas, dan hasilnya pas dan sesuai dengan hp aslinya. Hp yang dibeli di dealer resmi sudah pasti hp asli. Android replika terkadang memiliki status bar yang berbeda. 

Hampir sebagian besar hp china atau lokal, dan termasuk hp replika menggunakan CPU/Processor MTK dan saat tulisan ini ditulis tidak ada hp Samsung/HTC/Motorola/Sony(kecuali Sony XperiaC) yang menggunakan cpu/processor MTK. Dan untuk mengetahui tipe CPU/Processor, kalian bisa mengetesnya melalui aplikasi CPU-Z.

Cara Ketiga : Menggunakan Sample Camera

Cara ketiga ini kita harus menggunakan kamera bawaan ponsel Android.

1. Silahkan sobat memotret dengan kamera Android

2. Gambar hasil kamera coba dicek di komputer Windows

3. Klik kanan file fotonya, klik properties, klik summary, klik advanced. Perhatikan pada bagian “Equpment Make” dan “Camera Model”

Cara Keempat :  Bukalah website http://apps.opera.com/ pada ponsel Android

Scroll ke bagian bawah halaman, maka akan terlihat nama hp Android anda.

Jika Android anda merupakan ponsel Android lokal atau China (tak terkecuali replika) maka muncul tulisan “Your device is Android Generic Android “. Sony Xperia apabila dicek melalui cara ini juga tertulis “Your device is Android Generic Android ” Hal ini karena negara perakit Sony dari China juga.

Cara Kelima :  Menggunakan Aplikasi AnTuTu Bechmark

AnTuTu Bechmark merupakan sebuah aplikasi yang mengukur performa Android anda sekaligus mencatat spesifikasi android anda.

Download Antutu benchmark di: google play

Lakukan serangkaian test lalu lihatlah pada bagian Authenticated dan System Info. Untuk yang System Info, perhatikanlah spesifikasinya lalu cobalah bandiingkan spesifikasi lengkap hp yang bisa dicari di www.gsmarena.com. Banyak HP Samsung Galaxy S4/S5/Note3 Supercopy yang sudah langsung terinstall AnTuTu Benchmark atau CPU-Z, bahkan informasi yang ditunjukan di AnTuTU/CPU-Z dimanipulasi. Jadi jika ketika membeli, ternyata sudah langsung terpasang aplikasi ATuTu/CPU-Z dan kedua aplikasi itu tidak dapat dihapus, maka hp itu 100% Supercopy. Pada antutu benchmark hp replika akan terdeteksi sebagai ‘Unknown Device’.

Demikianlah Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu, semoga bermanfaat.




Baca Artikel Lain :





Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Cara Mengecek Ponsel Android Asli atau Palsu"

Posting Komentar